Rabu, 23 Januari 2013

new megapro vs vixion

Baeklah, mari kita kupas pelan-pelan. Dari segi tampilan Yamaha V-ixion terlihat masih sangat bejaban dengan Megapro meskipun V-ixion lahir lebih dulu dibanding Megapro. Yaa sebenernya ini kembali kepada selera masing-masing lah. Dari segi fitur, Megapro unggul karena sudah memiliki Panel semi-digital , pengaman kunci kontak, dan cakram belakang. Sedangkan V-ixion unggul di spesifikasi mesin, karena sudah injection dan berpendingin cairan.
Shroud depan Megapro, sangat khas~
Shroud depan V-ixion, lebih menyudut~
Panel instumen Megapro, menganut tipe semi-digital
Panel instrumen V-ixion, menganut tipe analog~


Rem belakang V-ixion, masih tipe tromol~
Rem belakang Megapro, sudah cakram~
Seperti motor batangan pada umumnya, V-ixion dilengkapi Engine Stop.
Megapro nggak punya engine stop…
Layaknya motor-motor sekarang, Megapro mengaplikasikan secure key shutter / pengaman kunci kontak
V-ixion masih menggunakan kunci kontak biasa
Mesin V-ixion, polos tanpa sirip-sirip, karena sudah liquid cooled~
Mesin Megapro, memiliki sirip-sirip guna memaksimalkan pendinginan, karena masih air cooled~
Gimana? Cukup? belooooom~ belum afdhol rasanya kalo belum di  compare dari segi performa. Untuk itulah saya mengetes kedua motor ini satu persatu. Baik Vixion maupun Megapro saya jajal beberapa kali di trek sepanjang 600 meter. Bagaimana hasilnya? Cekidot bero~
Jajal tarikan V-ixion di trek 600 meter, tembus 125km/h di speedometer V-ixion. Terbaca di aplikasi Speedview 110 km/h.
Jajal tarikan Megapro di trek yang sama, tembus 117km/h di speedometer. Terbaca di aplikasi Speedview 109km/h
Pengetesan dilakukan di jalan Tegar Beriman, Cibinong. V-ixion saya tes lebih dahulu pada pukul 7 pagi. Sedangkan Megapro pukul 8. Saat mengetes V-ixion semua berlajan dengan lancar, situasi lengang dan memadai. Sedangkan saat mengetes Megapro saya harus beberapa kali gagal karena lalu lintas sudah agak ramai. Akibatnya saya harus putar balik beberapa kali ke lokasi. Karena itulah jarak tempuh yang terbaca di odometer Speedview hanya 3 km untuk V-ixion dan untuk Megapro 9km. Data yang diambil adalah data hasil pembacaan yang terbaik.
Untuk masalah performa, Megapro terasa hanya menyisakan sedikit nafas saat pengetesan. Sedangkan V-ixion tampaknya masih bisa naik lagi namun sangat lambat. Akselerasi Megapro terasa menyentak dari mulai start hingga kecepatan menengah, namun perlahan mulai nge-drop ketika memasuki kecepatan tinggi. V-ixion pun hampir sama, perbedaannya, dengan karakter gigi yang lebih panjang, akselerasi awal-menengah V-ixion terasa kurang menyentak dibandingkan Megapro, namun masih menyisakan nafas di kecepatan tinggi.

Jadi, untuk masalah mana yang lebih asoy. Bisa dikatakan bahwa Yamaha V-ixion unggul dalam performa di kecepatan tinggi. Sedangkan Megapro lebih memiliki karakter untuk berakselerasi. Tapi terlepas dari itu, semuanya kembali kepada pilihan bero-bero sekalian~


Sekian postingan dari saya kali ini. Mohon maaf jika ada salah. Semoga bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar